Minggu, 12 Januari 2014

misteri di Eropa

beberapa hari yang lalu aku ngotot banget pengen nonton 99 cahaya di langit eropa. udah janjian kesana kemarin mau nonton, ehmm... bukan karena apa2. mungkin lebih dikarenakan teman2ku yang lain berceloteh bahwa film nya keren banget.
tapi, saat itu aku berfikir. aku adalah salah seorang penikmat novel. aku lebih suka baca novelnya dulu, baru nonton filmnya.

sampai detik ini aku belum sempet nonton juga. tapi, sore kemarin kusempatkan berburu novelnya di salah satu toko buku murah di jogja. shopping, demi untuk membacanya.
tak kusangka, isi novelnya lebih pada sejarah islam. Tepatnya dahulu pernah berjaya di Eropa, dengan segala seluk beluk dan detailnya membuatku berdecak kagum, atau bahkan hampir meneteskan air mata#lebay

Tapi sungguh, mungkin aku yang tersadarkan. Tentunya ilmu Islamku, sejarah tentang Islamku yang bisa dikatakan kurang (cethek), apalagi perkembangan di Eropa sana.

Salah satu rahasia yang masih membuatku bertanya-tanya dan penasaran sampai sekarang.

dari novel itu, diceritakan pada lukisan bunda maria dengan bayi yesus yang digendongnya. apa kau tahu?

Hijab yang dipakai bunda maria ada sesuatu yang berbeda. Hijab yang dipakainya, di bagian pinggirnya, bertuliskan semacam arab gundul. ohh, hal itu adalah tulisan pseudo kufic, yang pernah diteliti oleh Arab World Institute. Tak hanya di lukisan, di patung-patung religius bahkan di dinding gereja. Kalian boleh percaya atau tidak, tulisan yang ada di hijab bunda Maria
adalah tulisan 'Laa Ilaa ha Illallah'




Aneh bukan? setelah ditelusuri, hal ini adalah suatu unsur ketidak sengajaan? how come?
Pada awal abad ke-12 saat peradaban Islam maju, bersamaan dengan pasca perang salib, mobilitas manusia begitu besar. Orang2 eropa menyebarluaskan berita hasil tenun indah dan tekstil buatan orang-orang muslim yang berkualitas, dengan corak warna berbagai macam dan membawanya sampai Eropa.

Dan semua itu tak lepas dari pahatan yang bertuliskan kalimat  'Laa Ilaa ha Illallah'
Semua pemahat serta pelukis gambar bunda maria dengan bayi Yesus itu menggunakan lafal Al-Qur'ani dalam coretannya tanpa tahu artinya. Itulah mengapa tulisan itu tampak kurang begitu sempurna.

Kebetulan sekali, ketauhidan manusia bisa muncul di patung dan lukisan mosaik2 Katolik di gereja2 eropa.
sungguh, aku justru ingin mengamatinya secara langsung.

Tak hanya itu, banyak misteri di balik kejayaan Eropa sekarang, bangunan2 modern, napoleon bonaparte seorang muslim, yang kemudian memerintahkan untuk membangun bangunan piramid-louvre-la defense-arc de Triomphe du Carrousel-champ Elysees bila ditarik garis lurus akan mengarah ke tenggara, kenapa? lihatlah patung quadratiga, apabila ditarik garis lurus akan menembus benua lain, dalam satu titik menuju arah Mekkah! arah paling istimewa bagi seluruh muslim di dunia.
Tak ada yang pernah tahu maksud hati seorang manusia, karna memang keislamannya tak diekspos.
untuk lebih lanjutnya, lain kali aku bagi lebih detail yaa :)

Atau bahkan cerita mengenai cordoba, city of the lights dimana the mosque catedral menjadi sebuah gereja di Madrid. Sebuah mihrab di dalam Mezquita dijeruji besi, karna tak lagi digunakan untuk sholat.


banyak yang ingin kubagikan pada kalian, begitu detail dan menambah ilmu pengetahuanku mengenai sejarah Islam di Eropa.
Mungkin besok, banyak yang kucatat dalam memoku sementara , juga melengkapi referensiku tentang misteri2 di dunia ini tentang islam.

Aku hanya ingin berbagi hal yang bermanfaat dengan kalian. termasuk mempelajari Islam lebih banyak lagi.
Allahu akbar!

2 komentar:

  1. Teologi Tuk Gatuk MAs2...
    Bahasa Arab sejatinya berakar dari bahasa Aram yang telah ada sebelum Muhammad lahir termasuk digunakan Orang Yahudi beribadah dan diteruskan Kristianitas. Hanya info aja :) Matur nuwun

    BalasHapus