Kamis, 14 Februari 2013

a little part of Lombok island

2 minggu lebih 2 hari dihabiskan waktu liburan ke pulau lombok..tepatnya lombok barat, Mataram. rencana awal emang liburan, tapi ngerasa mubazir kalo 2 minggu itu cuma buat muterin pulau lombok. balai karantina kelas I pertanian di mataram jadi pilihan. 7 hari magang, 5 hari liburan, 3 hari silaturahmi..
maulid nabi merupakan salah satu hari penting yg menjadi hari besar bagi masyarakat disana. Dalam rentang 1 bulan mereka mengadakan syukuran atau pengajian dengan membawa berbagai makanan , dan berkumpul bersama di balai atau di beberapa rumah warga.

di daerah Lombok tengah juga memiliki kebiasaan yang unik, "Nyale". Saat malam hari mereka beramai-ramai datang ke pantai sampai pagi untuk mencari dan mengumpulkan cacing-cacing, cacing palolo yang dipercaya merupakan jelmaan dari putri Mandalika. konon kisah itu aku dengar dari kawanku di lombok, bahwa dahulu ada putri yg sangat cantik jelita, memimpin kerajaan, sgt arif bijaksana. Setiap pangeran yang datang dan melamar ingin menikahinya tak pernah ia tolak. suatu hari sang pangeran tidak terima apabila sang putri menjadi istri banyak pangeran2. Terjadilah perang dan pertumpahan darah memperebutkan putri mandalika. akhirnya putri memutuskan untuk menceburkan diri ke pantai dan ditelan ombak. Saat menceburkan diri tersebut, cacing2 berwarna kuning, hijau coklat warna-warni bermunculan. namun saat dicari putri mandalika tak dapat ditemukan. Cacing tersebut bermunculan setiap antara bulan februari dan maret, tradisi ini ditunjukkan sebagai tanda cinta kasih kpda sang Putri.

Bahasa daerah mereka seperti bahasa sasak, seselo, merupakan bhsa yang sangat sulit kumengerti ketika berbicara dgn mereka. Cara bicara nya pun beda, cepat, bernada, keras..berbeda dengan orang jawa..
salah satu curhatan dari orang lombok "orang jawa itu ya, terutama orang solo kalo ngomong pelan dan lambaatt sekali. Sampai saya berfikir, kapan ini selesai bicaranya?padahal cuma sedikit saja".
that's it!

pantai senggigi, pantai tujuan utama aku..paling terkenal di lombok ini..

sayangnya, aye dateng pas mendung.. tapi gak apa2..pantai ini bisa buat berenang, and....finally,gue berenang coy di tengah pantai itu.awal aku takut banget, kebiasaan maen ke pantai parangtritis dgn ombak gedhe..disini nggak,,bikin ketagihan deh..

dan ini pantai Ampenan,,pantai yg cocok bgt buat liet sunset,di sebelahnya juga buat penambangan minyak, dan mencari ikan..

nice banget lah..dan di bawah ini para anak nellayan bergaya pas gue ajak foto, masih kecil kok mereka..tapi telanjang bulat.maap maaap, gpp yaa..hahaha


tanpa sadar salah satu anak menirukan gayaku berfoto..hahahaaa...

selanjutnya, narmada..merupakan tempat mata air..yg dipercaya bisa membuat awet muda..wah nggak tua-tua mukanya..tapi umur tua itu pasti yaaa..
fotonya buat pribadi aja, jadi kalo mau liet, search mbah gugel yaa..

Loang Baloq, seperti kolam hasil muara dari mata air sungai yg mengarrah dan berakhir di pantai.. loang baloq ini orang bilang Hollywod nya kota mataram, kita liat di depan kolam indah,tengok belakang langsung pantai coyy!!

yeahh,itu aja sementara..kalo ada waktu..pasti saya bagi cerita dari daerah sana..
see yaa ^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar