Senin, 19 November 2012

gardening part-1

Merawat tanaman hias dan menatanya di halaman rumah merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi ketika tanaman yg kita rawat berbunga dan tumbuh dengan subur. Semakin menambah sejuk mata saja ketika menengoknya lewat jendela.
Kita jalan-jalan ke halaman rumahku,sekalian sharing yukk!
Let’s start!

ok,kita mulai dari tanaman bunga mawar :)

gambar .Rosa Sherardii

Berasal dari turki dan beberapa daerah di eropa. Termasuk perdu berbentuk pohon kecil yang memiliki percabangan tegak dengan tinggi 1,5-2,5m. Ciri khasnya terletak pada pucuk tunas yang berwarna kemerahan dan 5-7 anak daun pada setiap helai daun. Bunga  bermahkota ganda, warnanya bervariasi tergantung pada induk yang digunakan untuk menghasilkan hibrida.



gambar.modern polyantha rose 
sebenernya kalo di buku yang saya baca ada sendiri kategori mawar R.polyantha, Bercirikan tingginya 60-120 cm. mawar polyantha ini berasal dari Eropa tenggara. Bunganya bermahkota ganda berwarna pink muda. 
Tetapi di halaman lain dijelaskan pula R.sherardii. mawar ini tingginya 2m berasal dari Eropa Tenggara juga. Spesies sherardii ini dikenali dari daunnya yg berwarna abu-abu dan berbulu, sementara bunganya berwarna pink tua. Kedua bunga tersebut dikatakan mawar liar dan mawar kuno.

dan di bab lain kategori mawar modern, terdapat gambar mirip dengan mawar yang saya miliki. namanya modern Polyantha rose. Namun tak ada penjelasan lebih detail. Jadi saya menyimpulkan, mawar di halaman rumah saya itu adalah mawar persilangan antara mawar polyantha dan R.sherardii. karena kenyataannya tingginya kurg dari 120cm, daunnya berbulu, dan warnanya pink tua, berbau khas. that's right?

gambar .Floribunda
Mawar floribunda merupakan hasil silangan antara mawar polyantha (pom-pom rose) dan hybrid tea. Pemulia tanaman yg pertama kali melakukan hibridisasi mawar floribunda adalah Swend Paulsen dari Swedia. Secara fisik penampilan bunga floribunda kalah menarik dibanding hybrid tea , namun mawar floribunda memilki jumlah bunga per cabang yg lebih banyak dibanding mawar hybrid tea. Variasi warna bunga pada mawar floribunda banyak dibudidayakan untuk penghias taman. Tidak seperti mawar hybrid tea yg selalu memiliki bunga ganda , ada mawar floribunda yg berbunga tunggal dan ada juga yg berbunga ganda.
Varietas mawar ini yang berbatang tinggi ditanam sebagai penghias pilar , pagar , atau batang pohon dan biasanya tumbuh merambat.

gambar. R.pomifera syn r.villosa
keunikan mawar ini baunya harum,tapi sangat mudah rontok. Mawar perdu ini berasal dari Eropa tenggara dan Turki. Nama umumnya adalah Apple rose. Cabangnya kaku dengan tinggi 1,8m. Bunganya tunggal berwarna pink tua dengan aroma khas, durinya rapat, dan buahnya berkerut.


gambar. R. inodora (r.elliptica)
spesies ini digolongkan perdu kekar. berasal dari Eropa Selatan, dan biasa ditemukan sebagai tanaman liar. tinggi tanaman sekitar 2,4 m . bentuk tajuknya selebar 3m. Daunnya wangi . helai bunga tunggal berwarna pink muda atau putih.


gambar. rosa davidii

Mawar dari china bagian tengah ini tergolong sebagai perdu yang memiliki susunan percabangan tidak beraturan dan saling membelit antara 1 cabang dan cabang lainnya. Tinggi mencapai 3m dan membentuk tajuk selebar 2.4 m . daunnya tumbuh melintir. Bunga bermahkota tunggal , menggerombol dalam kelompok dan berwarna pink.



gambar. rosa centifolia syn r.galica var.centifolia
mawar jenis perdu dari asia tengah tingginya sekitar 1,5-2 m memliki ciri khas daun berwarna hijau keabuan dan bunga berbentuk bulat dan helai mahkota saling ganda yang merapat dan saling tumpang tindih.  Ada banyak variasi, pink,merah keunguan, putih.bunganya sangat wangi.


Hama dan Penyakit
mengenai penyakit-penyakit yang menyerang, mawar ini sering terserang hama bemesia tabaci. morfologi hamanya seperti kutu putih yang menempel sangat lekat pada batangnya. lama kelamaan tanaman akan kekuningan layu, dan pertumbuhannya terhambat. untuk pengendaliannya, jangan tunggu sampai menyebar luas. Semprot dengan pestisida dari tembakau, atau dengan air larutan detergen. hal ini akan mengurangi penyerangan dari kutu kebul tersebut.

selain itu leaf miner juga sering terjadi pada tanaman ini. cairan lendir putih akibat gerekan serangga sejenis lalat akan menghambat pertumbuhan tanaman mawar. ketika ia mengorok pada daun, akan keluar lendir dari mulutnya.

mati pucuk sering terjadi apabila virus yang ditularkan oleh serangga vektor sudah mulai menyebar ke tanaman. pemotongan tunas yang tidak aseptis juga akan menyebabkan hal tersebut terjadi.

bunga mawar akan tumbuh sehat dan cepat bila ditanam langsung ke lahan. karena unsur hara pada tanah lapang akan lebih mencukupi daripada tanah yang ada dalam pot saja. tanam mawar dengan perbandingan yang tepat, antara sekam, pupuk kandang, tanah kebun, dan batu-batuan bata. jangan siram terlalu banyak karena akan menyebabkan akar membusuk, letakkan pada matahari langsung dengan penyinaran kurang lebih 6 jam.


yepp!!postingan kali ini untuk mawar dulu yaaa...mengidentifikasi nama2 tumbuhan sebenarnya tidak boleh sembarangan seperti ini. namun saya hanya mencocokkan morfologi dan teori serta gambar yang tercantum pada buku yang saya baca...kalo ada temen2 yang mau membenarkan atau diskusi,silahkan...apalagi untuk perawatannya, apabila sudah terjangkit penyakit-penyakit....hemmm,


postingan selanjutnya, tunggu ya..masih tentang tanaman hias "di rumah saya" :)

foto dokumentasi pribadi ^^v

2 komentar:

  1. buku yang dibacanya apa ya?
    judul dan penulisnya kalau boleh tau
    terimakasih

    BalasHapus
  2. judulnya mawar.
    Lanny Lingga. 2008. gramedia pustaka

    BalasHapus