Sabtu, 16 November 2013

tips buat kamu!!



akhir-akhir ini tenggorokanmu sakit?gatal? perih?
tak usah khawatir, di musim pancaroba kayak gini daya tahan tubuh memang sering menurun. Banyak teman2ku yang mengeluhkan padaku bahwa tenggorokannya sakit, termasuk diriku sendiri.
oke, aku kasih tips dan saran agar cepat sembuh tanpa menelan obat-obatan kimia. Pengalaman saya sedang kuliah mengambil Budidaya Tanaman Obat#lalu?
kalau tega, kunyahlah jenis rimpang yang bernama kencur! Maknyusss panasnya!! atau kalo ngak pergi ke tempat simbok jualan jamu buat beli jamu kencur(nggak pake es!). Mau cara lain?
Ambil dan kupas 2-3cm rimpang jahe, tumbuk dan tambahkan air sebanyak 3 gelas, didihkan selama 15-20menit. Minum rebusan air jahe 2-3kali sehari.

selain itu, sering-sering minum madu, karena madu juga obat yang mujarab lho..
Allah SWT telah berfirman :
“ Dan Tuhanmu mewahyukan kepada Lebah : Buatlah sarang-sarang di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS An-Nahl [16] : 68-69).

untuk melengkapi, berkumurlah dengan obat kumur betadine. sedikit angkat kepalamu, sembur nafas lewat kerongkongan, obat kumur akan mengobati tenggorokanmu yang luka.
tips selanjutnya, untuk sementara selama tenggorokanmu masih sakit, hindari minuman dingin, pedas, berbumbu micin (snack ringan), makan teratur 3xsehari, 4sehat 5 sempurna kalo perlu. Jangan lupa, istirahat cukup dan berdoa pada Allah Yang Maha Esa.
"Berdo’alah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. 7:55-56).

dan ingat!
Hati yang gembira adalah obat yang istimewa :)
sekian dari saya, semoga bermanfaat ya temanku sayang...
syafakillah akhi/ukhti..

get well soon..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar